Tata Janeeta

INFORMATION

Artist Birtday : 18/09/1982 (Age 34)
Genres : Pop

Tata serius untuk berkarir di dunia tarik suara. Menyanyi dari kafe ke kafe pun ia lakoni. Bahkan Tata Janeeta mengikuti berbagai audisi untuk mengejar mimpinya. Ia akhirnya mendapatkan popularitas di panggung musik Indonesia.

Pemilik nama lahir Shinta Dewi ini lahir pada 18 September 1982 di Kota Kembang. Sejak kecil, Tata bercita-cita ingin jadi penyanyi karena termotivasi oleh sang kakak yang kala itu sudah sukses sebagai penyanyi kafe. Setelah lulus SMA, Tata membentuk Tequilla Band bersama teman-temannya. Ia juga mulai bernyanyi dari kafe ke kafe.

Pada tahun 2005, Tata mulai menjajal peruntungannya lewat ajang Indonesian Idol 2. Namun sayangnya, ia tereliminasi setelah masuk 24 besar. Selang 2 tahun, Tata belum patah arang. Ia ikut audisi “Obsesi Dewa 19 Mencari Dewi Dewi” yang diadakan oleh pentolan Dewa, Ahmad Dhani.

Audisi yang diselenggarakan pada Februari 2007 itu bertujuan untuk mencari 3 orang dara berbakat yang akan dilibatkan dalam projek Trio Dewi Dewi. Event besar-besaran ini diadakan di Jakarta dan Bandung, bahkan sampai ditayangkan oleh SCTV.

Tata, Ina, dan Purie berhasil mengalahkan ribuan pesaingnya lewat suara nge-rock miliknya yang memiliki cita rasa berbeda dalam musik. Bahkan, Tata langsung dikontrak Republik Cinta Management, milik Ahmad Dhani selama 5 tahun.

Dewi Dewi debut dengan single perdana Dokter Cinta. Mereka pun merilis album bertajuk Recycle+, dalam album tersebut sebagian besar lagu daur ulang Dewa 19 dan ada satu lagu Love of My Life karya Queen yang juga ikut dibawakan dengan ciri khas Dewi Dewi.

Sayangnya, pada 2008 Ina memutuskan hengkang dari Trio Dewi Dewi. Tata dan Purie pun tetap bertahan dengan Dewi Dewi. Mereka sempat merilis single bertajuk Sakit Bukan Main dengan berkolaborasi bersama Mulan Jameela pada Agustus 2008. Namun, pada akhirnya Ahmad Dhani memutuskan untuk membubarkan Dewi Dewi di tahun yang sama pula.

Seminggu setelah pembubaran Dewi Dewi,Tata dan Purie pun membentuk grup duo dengan nama Mahadewi. Pada Januari 2009, mereka merilis single perdana di bawah naungan Mahadewi bertajuk Sumpah I Love You. Di tahun yang sama juga, Mahadewi merilis album bertajuk Dewi Cinta.

Namun sayangnya, kali ini Tata yang memutuskan hengkang dari Mahadewi setelah 3 tahun bersama. Sempat beredar kabar bahwa terjadi konflik internal antara Tata dan Purie.

Namun, pemimpin Republik Cinta Management, Ahmad Dhani membantah hal tersebut. Menurut Dhani, Tata ingin mengembangkan dirinya di luar Mahadewi. Tata pun mengganti nama panggungnya menjadi Tata Janeeta. Ia merilis single di tahun 2013 bertajuk Penipu Hati.

Dalam hal asmara, Tata pernah menikah dengan Efran Fitrianto. Namun, rumah tangga mereka tidak bisa dipertahankan. Mereka resmi bercerai pada 21 Maret 2014 dengan hak asuh anak jatuh kepada Tata.

Selang setahun, Tata diam-diam menikah dengan pria berkebangsaan Iran, Mehdi Zati. Namun, secara tiba-tiba pula di awal 2017 Mehdi Zati men-talak Tata lewat telepon.

Setelah ditalak, pada tahun yang sama, Tata tampil bernyayi berkolaborasi dengan Maia Estianty membawakan single baru. Ini semakin membuktikan tekad mimpinnya menjadi pernyanyi profesional tetap berjalan meski badai menghantam rumah tangganya.

ARTIST PHOTO

Tata Janeeta Cover Image

ALBUMS

LYRICS

ADVERTISEMENT